Loading...
SCM2019-01-03T16:21:54+07:00

Supply Chain Management

Menjaga ketersediaan Part tanpa melakukan penyimpanan yang berlebihan adalah kunci utama proses Supply Chain. Pengadaan yang tepat sasaran dan tepat waktu, proses penyimpanan di Gudang yang terstruktur, pendistribusian Part keluar dari Gudang yang terjadwal dan terukur, dan pengiriman produk-produk yang dihasilkan dengan cost per item yang otomatis terhitung dari proses produksi.

Fitur Supply Chain Management

  • Setup Warehouse dan Locator master
  • Setup Unit of Measure dan konversinya
  • Register Item/Product Master, termasuk didalamnya setup item pengganti, item Inter-change, kategori akun, klasifikasi, satuan, locator, dan sebagainya
  • Register attribute, Lot, ataupun serial number
  • Register Bill of Material
  • Proses permintaan pengorderan barang dari Warehouse ke Purchasing.

Proses Register unit Price per product termasuk didalamnya Minimum Price, Maximum Price, Average Price, diskon Price untuk digunakan dalam proses penjualan product.

Item Replenishment disebut juga Inventory Planning yaitu proses pemesanan kembali item ketika Stock Inventory sudah mencapai batas bawah yang ditentukan atau disebut dengan Safety Stock. Untuk formula ROP/ROQ dapat disesuaikan dengan formula yang ditentukan perusahaan.

Astina ERP memiliki fitur untuk membantu proses Stock Take dengan cara Generate Item yang akan di Stock Take kemudian Print Item beserta Stock hasil Generate, lalukan Stock Take, upload hasil Stock Take ke dalam Astina ERP, terakhir lakukan proses Adjustment sesuai hasil Stock Take.

Fitur Astina ERP untuk proses Stock Movement adalah

  • Proses Direct Receipt ataupun In-Transit Receipt (Receipt Routing)
  • Proses Pengeluaran Stock keluar dari Warehouse
  • Proses Transfer antar Location dalam satu Warehouse
  • Proses Transfer antar Warehouse
  • Proses registrasi Supplier dan kontrak konsinyasi
  • Proses registrasi Item konsinyasi dan Quantity nya (Bukan sebagai Inventory perusahaan)
  • Proses penerbitan dokumen Purchase Consignment
  • Proses penerimaan sebagai inventory perusahaan dan pengeluaran barang untuk kebutuhan
  • Proses Register seluruh vendor/Supplier/Customer ke Astina ERP
  • Monitor Vendor/Supplier/Customer Performance dalam hal lead time supply barang maupun pengiriman barang
  • Proses pembuatan Bidding Supplier dalam setiap pembelian barang
  • Proses Pembuatan Purchase Order berdasarkan Supplier yang dipilih dari proses Bidding
  • Proses Approval Purchase Order, Approval limit Amount dapat disesuaikan dengan kebijakan perusahaan
  • Proses Print Out Purchase Order sebagai bukti yang dikirim ke Supplier
  • Proses penerimaan barang dari Supplier

Astina ERP menyediakan fitur untuk proses Logistic yaitu proses pengiriman barang baik dari Head office ke Branch maupun sebaliknya. Ataupun proses pengiriman ke Supplier sebagai penegmbalian (return) maupun untuk perbaikan.

Fitur pada Astina ERP terkait pengembalian barang yang telah dibeli ke Supplier karena ketidaksesuaian spek ataupun cacat produksi. Selain itu juga untuk menangani proses penerimaan pengembalian produk yang dibeli oleh pelanggan karena kerusakan atau ketidaksesuaian spek yang diminta pelanggan.

Fitur yang menangani proses persiapan product jadi hasil manufacture yang akan dijual. Product jadi tersebut akan terdaftar sebagai Inventory dan memiliki Pricelist kemudian terhubungan dengan modul Sales Order untuk proses penjualan.

Modul terkait pengelolaan kontrak antara perusahaan dengan pihak ketiga (vendor, customer, government) mencakup monitoring jatuh tempo kontrak dan amandemen yang berlaku pada kontrak terkait. Selain kontrak juga mengatur untuk warranty agreement dengan Principal. Modul kontrak akan terhubung dengan procurement untuk validasi jasa pengerjaan yang menggunakan kontrak.

Proses pengumpulan Quotation dari Supplier kemudian dilakukan Bidding Supplier untuk menentukan Supplier yang terpilih dalam Purchase Order. Bidding Supplier memperhatikan harga yang ditawarkan, Lead time pengiriman barang, dan kualitas barang. Quotation yang di-register ke dalam Astina ERP nantinya akan diperlukan sebagai Historikal harga yang kemungkinan bisa digunakan untuk Purchase Order selanjutnya.

Screenshots

× Hubungi kami